HUBUNGAN
PEMBELIAN DENGAN PENJUAL
- Interaksi Pembeli
dan Penjual
Interaksi adalah hubungan timbal balik
antara 2 atau lebih individu dan salah satu hal yang menjadi syarat pasar. Interaksi dilakukan antara
pembeli dan penjual karena adanya kegiatan permintaan dan penawaran. Apabila tidak ada interaksi, maka tidak akan terjadi
suatu komunikasi antara penjual dan pembeli, dan jika tidak adakomunikasi, maka
tidak akan terjadi suatu transaksi jual beli. Komunikasi yang
dilakukan juga tidak memaksakan kehendak, namun lebih kepada meyakinkan
orang lain, dalam hal ini yaitu pembeli, supaya pembeli bersedia melakukan
suatu perilaku pembelian. Dan tujuan akhir dari interaksi
yaitu berusaha untuk melakukan perubahan
perilaku. Perubahan perilaku
yang dimaksud adalah jadi atau tidaknya konsumen membeli sebuah barang, dan
perubahan ini tidak dapat terjadi secara langsung,
melainkan memerlukan adanya suatu proses seperti memikirkan barang yang mau dibeli terlebih
dahulu.
hal terpenting antara penjual dengan pembeli
harus adanya hubungan interaksi yang baik antara pembeli dengan penjual. ketika
pembeli dan penjual bertemu hal awal yang perlu dilakukan adalah mereka harus
saling memberikan pandangan, pemikiran dan persepsi masing-masing sehingga
dapat diketahui hal apa saja yang diharapkan masing-masing agar dapat saling
menguntungkan dan dapat terjalin hubungan interaksi yang baik. penjual
akan menceritakan keunggulan produk yang akan dijual dengan melakukan presentasi,
sebagai penjual harus dapat meyakinkan pihak pembeli sehingga pihak pembeli
akan merespon dengan baik. selain keunggulan produk pihak pembeli akan memperhatikan
hal-hal penting lainnya seperti bagaimana reputasi perusahaan penjual tersebut
sehingga butuh waktu untuk memutuskan apakah pihak pembeli akan memutuskan
menjalin hubungan dengan pihak penjual tersebut
- Tipe – Tipe Hubungan
Ada hal yang harus diperhatikan dalam menjalin
hubungan kerja antara pembeli dan penjual sebagai pihak yang akan melakukan
bisnis bersama, agar hubungan yang terjalin dapat tetap baik.
Biasanya pihak pembeli dan penjual akan mengikat hubungan mereka dengan hal-hal yang mereka
sepakati bersama.
Tipe-tipe Hubungan Antara Pembeli Dengan Penjual :
1.
Hubungan
yang terjalin karena transaksi
Dengan adanya perubahan waktu dan diikuti
dengan persaingan harga produk dari pesaing lain, biasanya pihak penjual
memiliki cara sendiri agar pelanggannya tidak pergi pada perusahaan lain, cara
yang dilakukan pihak penjual biasanya akan memberikan / mengajak kesepakatan
dalam bertransaksi misalnya dengan memberikan potongan harga kepada
pelanggannya
2.
Hubungan
karena strategi pemasaran
Setelah meneliti target pasar mana yang akan
dikuasai pihak penjual akan melakukan berbagai macam strategi sehingga banyak
pihak yang tertarik akan produknya
- Customer
Relationship Management (CRM)
Customer relationship management (CRM)
adalah kombinasi dari praktik, strategi dan teknologi yang digunakan perusahaan
untuk mengelola dan menganalisis interaksi dan data pelanggan di seluruh siklus
hidup pelanggan, dengan tujuan meningkatkan hubungan layanan pelanggan dan
membantu dalam retensi pelanggan dan mendorong pertumbuhan penjualan. Sistem
CRM mengumpulkan data pelanggan di berbagai saluran, atau titik kontak antara
pelanggan dan perusahaan, yang dapat mencakup situs web perusahaan, telepon,
obrolan langsung, surat langsung, materi pemasaran, dan media sosial. Sistem
CRM juga dapat memberikan informasi terperinci kepada staf yang menghadap pelanggan
tentang informasi pribadi pelanggan, riwayat pembelian, preferensi dan
kekhawatiran pembelian. Komponen CRM
Pada tingkat paling dasar, perangkat
lunak CRM mengkonsolidasikan informasi dan dokumen pelanggan ke dalam satu
basis data CRM sehingga pengguna bisnis dapat lebih mudah mengakses dan
mengelolanya.
Seiring waktu, banyak fungsi tambahan
telah ditambahkan ke sistem CRM untuk membuatnya lebih bermanfaat. Beberapa
fungsi ini termasuk merekam berbagai interaksi pelanggan melalui email,
telepon, media sosial atau saluran lainnya; tergantung pada kemampuan sistem,
mengotomatisasi berbagai proses otomatisasi alur kerja, seperti tugas,
kalender, dan peringatan; dan memberi manajer kemampuan untuk melacak kinerja
dan produktivitas berdasarkan informasi yang dicatat dalam sistem.
Alat CRM dengan kemampuan otomasi pemasaran
dapat mengotomatiskan tugas yang berulang untuk meningkatkan upaya pemasaran di
berbagai titik dalam siklus hidup. Sebagai contoh, ketika prospek penjualan
masuk ke dalam sistem, itu mungkin secara otomatis mengirimkan bahan-bahan
pemasaran prospek, biasanya melalui email atau media sosial, dengan tujuan
mengubah prospek penjualan menjadi pelanggan penuh.
Otomasi tenaga penjualan: Alat
otomatisasi tenaga penjualan melacak interaksi pelanggan dan mengotomatiskan
fungsi bisnis tertentu dari siklus penjualan yang diperlukan untuk mengikuti
arahan dan menarik serta mendapatkan pelanggan baru.
Otomatisasi pusat kontak: Dirancang
untuk mengurangi aspek membosankan dari pekerjaan agen pusat kontak, otomasi
pusat kontak mungkin menyertakan audio yang direkam sebelumnya yang membantu
penyelesaian masalah pelanggan dan penyebaran informasi. Berbagai alat
perangkat lunak yang berintegrasi dengan alat desktop agen dapat menangani
permintaan pelanggan untuk mengurangi waktu panggilan dan menyederhanakan
proses layanan pelanggan.
- Berbagai Metode Untuk Mempengaruhi
Konsumen Industri
1.
Presentasi
Penjual
Sebelum melakukan presentasi penjual akan
mencari tahu terlebih dahulu informasi tentang apa saja yang diinginkan oleh
pembeli, setelah mengetahui apa yang diinginkan maka dengan mudah pihak penjual
akan mempromosikan produk dengan berbagai service yang ditawarkan sehingga
pihak pembeli ingin mencoba produknya.
2.
Negosiasi
Dengan Pembeli
Salah satu cara yang akan dilakukan pihak
penjual akan memberikan/menjanjikan service yang terbaik didalam negosiasinya
3.
Informasi
Dalam negosiasi hal yang terpenting yaitu
mencari tahu informasi apa yang diinginkan pembeli dan penjual akan meyakinkan
pembeli bahwa perusahaannya memiliki kualitas terbaik dengan menunjukkan berita
tentang perusahaan tersebut yang pernah diterbitkan di koran, majalah atau
lainnya
- Kesepekatan Khusus
Antara Pembeli dan Penjual
Hadirnya pasar di lingkungan masyarakat sangat
penting. Karena pasar bagai roda perekonomian suatu negara. Sehingga muncullah
fungsi utama pasar seperti pembentukan harga, distribusi, promosi, penyerapan
tenaga kerja, dan menyediakan barang serta jasa. Dalam sebuah
kegiatan pemasaran, seringkali ditemukan atau dilakukan kesepakatan khusus. Kesepakatan
khusus ini adalah kesepakatan yang tidak umum dilakukan atau hanya disepakati
oleh penjual dan pembeli tertentu yang mempunyai kepentingan atau tujuan
tertentu seperti negosiasi jual beli barang baik dari jumlah barang, kapan dan
dimana barang itu akan dibeli serta tujuan pembelian barang tersebut.
- Pelayanan Konsumen
Situasi layanan
pelanggan yang paling umum adalah pelanggan atau klien yang mencari pertolongan
sehingga sangat penting untuk mendapatkan interaksi atau pertolongan dengan
benar. Pelanggan yang mencari pertolongan tidak hanya akan merasa bahwa dia
telah diperlakukan dengan baik namun akan lebih baik lagi untuk membeli produk
atau layanan dari bisnis kamu. Gunakan tips berikut untuk layanan pelanggan
yang lebih baik untuk mendidik staf kamu dan mengevaluasi kinerja layanan
pelanggan.
Ada beberapa
hal atau cara yang perlu dilakukan untuk memberikan pelayanan yang baik :
1.
Membuat pelanggan merasa dihargai yaitu dengan mengakui dia sesegera
mungkin. Jadi ketika seseorang memasuki kantor/toko , kamu harus segera menyapa dan
memperhatikan kebutuhanya, berhenti melakukan apapun sesegera mungkin. Namun
apabila memang masih sibuk mengangkat telepon atau yang lainya, kamu bisa
meminta pelanggan menunggu terlebih dahulu dengan sopan
2.
Menyapa pelanggan dengan cara yang bersahabat
tapi tepat seperti melakukan kontak mata dan memberikan salam
yang disertai senyuman
3.
Muncul saat ingin membantu
Jangan mendorong staf untuk
terus-menerus menanyakan pada pelanggan sehingga mengganggu kegiatan pelanggan
seakan-akan pelanggakan dikejar-kejar atau dibuntuti. Muncullah saat pelanggan
membutuhkan bantuan.
4.
Bantu pelanggan dengan langsung menangani permintaan pelanggan/memecahkan
masalah pelanggan.
·
Aktif
mendengarkan pelanggan. Tunjukkan
bahwa kamu secara aktif mendengarkan pelanggan dengan melakukan kontak mata,
mengangguk, atau bahkan menuliskan catatan. Ajukan pertanyaan yang menjelaskan
kapan pelanggan selesai berbicara jika perlu untuk mendapatkan rincian lebih
lanjut yang akan memungkinkan kamu mengatasi masalah pelanggan. Jangan memutus
pembicaraan pelanggan.
·
Mampu menawarkan saran yang tepat. Pelanggan sering memiliki pertanyaan
yang tidak secara langsung mengenai produk atau layanan kamu namun terkait
dengan mereka.
5. Jadilah ceria, sopan dan hormat
sepanjang interaksi customer service
Saat kamu melakukan interaksi dengan pelanggan
tujukkan keceriaan wajahmu dengan selalu senyum dan mendengarkan pesan dari
pelanggan, berperilaku sopan juga sangat penting ucapkan perkataan yang sesuai
dengan keadaan pelanggan , seperti santai dengan pelangga usia muda , dan baku
pada orang tua
6. Tutup interaksi layanan pelanggan dengan tepat
Kamu harus menyelesaikan
membantu pelanggan dengan secara aktif menyarankan langkah berikutnya. Jika dia
siap melakukan pembelian pada saat ini, mengantar atau mengarahkan pelanggan
untuk bantuan order dan informasikan tagihanya dan cara pembayarannya. Namun jika
pembeli belum siap, anda bisa melakukan penawaran produk lain.
referensi :
http://titi_n.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/63370/bab-456-new.ppt
https://gintong.me/2016/12/03/hubungan-pelanggan-dan-penjualan-personal/
http://journals.ums.ac.id/index.php/indigenous/article/download/4460/3760
https://www.academia.edu/32443064/KARAKTER_PENJUAL_DAN_PEMBELI_DALAM_TRANSAKSI
https://brainly.co.id/tugas/23689576
http://titi_n.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/63370/bab-456-new.ppt
https://gintong.me/2016/12/03/hubungan-pelanggan-dan-penjualan-personal/
http://journals.ums.ac.id/index.php/indigenous/article/download/4460/3760
https://www.academia.edu/32443064/KARAKTER_PENJUAL_DAN_PEMBELI_DALAM_TRANSAKSI
https://brainly.co.id/tugas/23689576
Tidak ada komentar:
Posting Komentar